bunga dahlia

Jenis Tanaman, Cara Menanam dan Merawat Bunga Dahlia


Bunga dahlia adalah salah satu bunga yang sangat populer dan digemari di seluruh dunia. Tanaman ini memiliki keunikan dan keindahan yang memikat hati setiap orang yang melihatnya.

Tak hanya itu, tanaman bunga ini juga memiliki banyak variasi bentuk, ukuran, dan warna sehingga memberikan keanekaragaman dalam tampilannya. Cocok digunakan di pekarangan rumah anda sebagai budidaya tanaman hias.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang bunga ini secara mendalam, termasuk sejarahnya, karakteristiknya, jenis-jenisnya, dan juga bagaimana cara menanam dan merawatnya dengan baik.

Sejarah Tanaman Bunga Dahlia

Bunga ini pertama kali ditemukan oleh pelaut Spanyol, Andrew Dahl pada abad ke-18 di negara Meksiko sekaligus dijadikan sebagai bunga nasional oleh rakyat meksiko.

Saat itu, bunga ini masih belum dikenal di Eropa dan baru mulai populer di abad ke-19. Dahlia sendiri dinamakan sesuai dengan nama pengemudi kapal yang menemukannya.

Kemudian bunga ini menjadi sangat populer di Inggris saat Ratu Victoria jatuh cinta pada tanaman ini. Tanaman ini dikirimkan ke Inggris dan mulai ditanam di kebun-kebun istana, yang membuatnya semakin terkenal dan diminati.

Karakteristik Bunga Dahlia

Dahlia termasuk ke dalam keluarga Asteraceae atau lebih dikenal sebagai keluarga bunga matahari. Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko, dan telah menyebar ke seluruh dunia.

Bunga ini termasuk ke dalam kelompok tanaman berbunga musim panas, yang biasanya mekar dari bulan Juli hingga September.

Keunikan dari bunga ini terletak pada bentuknya yang bervariasi dan unik. Ada beberapa jenis dahlia yang berbentuk seperti bola, lonjong, kerucut, atau bahkan seperti aster.

Ukuran bunga juga bervariasi, mulai dari yang kecil sebesar koin hingga besar sebesar piring.

Selain itu, Dahlia juga memiliki berbagai macam warna, mulai dari putih, kuning, oranye, merah, hingga ungu. Beberapa jenis dahlia bahkan mempunyai pola warna yang menarik, seperti jenis dahlia variegated.

Taksonomi dan Morfologi Bunga Dahlia

Dahlia merupakan tanaman berbunga yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. Tanaman ini termasuk dalam keluarga Asteraceae dan memiliki nama ilmiah Dahlia pinnata.

Bentuk daunnya tunggal, berbentuk lonjong atau oval dengan tepi runcing. Dahlia memiliki batang tegak, berbulu halus, dan dapat tumbuh mencapai ketinggian 60-90 cm.

Bunga dahlia terdiri dari kepala bunga berdiameter hingga 30 cm yang mengandung ratusan bunga kecil yang tersusun secara simetris dalam beberapa lapisan lingkaran.

Secara taksonomi, Dahlia memiliki banyak varietas dan spesies yang berbeda, namun semuanya diklasifikasikan sebagai anggota genus Dahlia.

Dahlia sendiri dibagi menjadi beberapa subgenus, antara lain Dahlia, Entemophyllon, dan Epiphyllum. 

Setiap subgenus memiliki ciri-ciri morfologi yang khas, seperti ukuran bunga, warna bunga, dan bentuk daun.

Morfologi bunga dahlia sangat beragam, tergantung pada subgenus dan varietasnya. Namun, secara umum bunga Dahlia memiliki ciri-ciri seperti bunga berkelopak majemuk, bunga memiliki dua jenis kelopak yaitu kelopak luar yang lebih besar dan kelopak dalam yang lebih kecil, tangkai bunga yang tebal, dan mahkota bunga yang berjumlah banyak.

Dahlia juga dapat menghasilkan biji yang serupa dengan buah kapsul dan berisi banyak benih.

Jenis-jenis Bunga Dahlia

Ada banyak jenis bunga dahlia yang bisa ditemui di seluruh dunia. Berikut ini beberapa dahlia yang populer:

1. Dahlia Decorative

Dahlia jenis ini merupakan yang paling umum ditemukan. Dahlia decorative memiliki bunga yang besar dengan banyak kelopak dan bervariasi bentuk dan warna.

2. Dahlia Cactus

Dahlia ini memiliki kelopak yang tipis dan panjang, menciptakan efek “keriting”. Dahlia cactus tersedia dalam berbagai warna dan ukuran.

3. Dahlia Anemone

Bunga dahlia anemone memiliki tengah yang dilipat dan diisi dengan kelopak lain yang lebih kecil. Dahlia anemone tersedia dalam berbagai ukuran dan warna.

4. Dahlia Pompon

Dahlia ini memiliki bunga yang kecil dan padat dengan kelopak yang pendek dan bulat. Dahlia pompon tersedia dalam berbagai warna dan ukuran.

Cara Menanam Bunga Dahlia dan Merawatnya

Menanam dan merawat bunga dahlia tidaklah sulit jika kita tahu caranya. Berikut ini beberapa tips untuk menanam dan merawat bunga dahlia agar tetap sehat dan cantik:

1. Pilih Lokasi yang Tepat

Bunga dahlia membutuhkan sinar matahari penuh, tetapi juga butuh ventilasi yang cukup. Pilihlah lokasi yang cerah, terbuka, dan bebas dari naungan yang lebat.

2. Siapkan Tanah yang Subur

Persiapkanlah media atau pot berukuran 30 sentimeter dengan bahan tanam yang terdiri dari campuran tanah, arang sekam, serta kompos. Tanah yang subur dan gembur sangat penting untuk pertumbuhan bunga tersebut.

Tanah yang mengandung banyak mineral dan nutrisi akan membantu bunga ini tumbuh dengan sehat dan kuat. Pastikan tanah memiliki pH netral atau sedikit asam, yaitu berkisar antara 6 hingga 7. 

3. Menanam Bibit

Bibit bunga dahlia bisa didapatkan dari toko bunga atau dapat ditanam dari biji. Pilih bibit yang sehat dan bebas dari penyakit. Tanam bibit pada musim semi atau awal musim panas, dan pastikan jarak tanam antar bibit sekitar 45-60 cm.

4. Menjaga Kelembaban Tanah

Pastikan tanah selalu lembap namun tidak tergenang air. Siram tanaman secara teratur, terutama saat cuaca panas dan kering. Namun, hindari menyiram daun bunga dahlia karena dapat membuatnya mudah terserang penyakit.

5. Memberi Pupuk

Pupuk organik seperti pupuk kandang atau kompos sangat baik untuk bunga dahlia. Beri pupuk setiap enam minggu sekali untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan bunga dahlia.

6. Menjaga dari Serangga dan Hama

Bunga dahlia rentan terhadap serangan hama dan penyakit. Penggunaan pestisida alami seperti minyak neem atau larutan sabun bisa membantu mencegah serangan hama dan penyakit.

7. Menjaga dari Hama Akar

Hama akar bisa merusak sistem perakaran bunga dahlia dan merusak tanaman secara keseluruhan. Untuk mencegah hal ini, pastikan tanah tidak terlalu basah dan jangan memupuk terlalu banyak.

Kesimpulan

Bunga dahlia adalah tanaman yang indah dan unik dengan keanekaragaman bentuk dan warna yang menakjubkan. Ada banyak jenis bunga dahlia yang bisa kita temukan di seluruh dunia, masing-masing dengan karakteristik dan keunikan sendiri.

Menanam dan merawat bunga dahlia tidaklah sulit jika kita tahu caranya. Pastikan tanah yang digunakan subur dan gembur, serta tanam bibit pada musim yang tepat. Selain itu, jangan lupa memberi pupuk, menjaga kelembaban tanah, dan melindungi dari serangan hama dan penyakit.

Dengan merawat bunga dahlia dengan baik, kita bisa menikmati keindahannya dan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dalam bercocok tanam.

Tentang Yunus Papan Bunga

Toko online Yunus papan bunga merupakan solusi yang tepat untuk kebutuhan papan bunga segar dengan pengiriman di hari yang sama. Terletak di Jakarta Barat, toko kami menawarkan beragam pilihan bunga papan dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau. 

Dengan sistem pemesanan yang mudah dan praktis, Yunuspapanbunga.com siap melayani kebutuhan papan bunga untuk berbagai acara seperti pernikahan, ulang tahun, perayaan, atau bahkan untuk sekadar memberikan kejutan untuk orang terkasih.

Jadi, jika memerlukan papan bunga dengan pengiriman yang cepat dan aman, segera hubungi yunuspapanbunga!

apple touch icon

Yunus Papan Bunga

Toko online Yunus papan bunga merupakan solusi yang tepat untuk kebutuhan papan bunga segar dengan pengiriman di hari yang sama.Terletak di Jakarta Barat, toko kami menawarkan beragam pilihan bunga papan dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau.Dengan sistem pemesanan yang mudah dan praktis, yunuspapanbunga.com siap melayani kebutuhan papan bunga untuk berbagai acara seperti pernikahan, ulang tahun, perayaan, atau bahkan untuk sekadar memberikan kejutan untuk orang terkasih.Jadi, jika memerlukan papan bunga dengan pengiriman yang cepat dan aman, segera hubungi yunuspapanbunga!

Yunus Papan Bunga

Copyright © 2022 – YUNUSPAPANBUNGA All Right Reserved